Sabtu, 14 November 2015

Tips Lengkap Menyusun Menu Makanan Sehat

Cara Menyusun Menu Makanan yang Sehat - Menjadi seorang ibu rumah tangga itu tidak mudah lo..! Namun sayangnya banyak suami yang kadang mengacuhkan hal tersebut dan menganggap bahwa ibu rumah tangga itu bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit. Karena hanya berada di rumah. Padahal, justru menjadi ibu rumah tangga adalah tugas yang paling berat. Karena ia harus membuat semua keluarga betah di rumah dan merasa nyaman dengan membuat menu sajian yang lengkap namun tetap menyehatkan untuk seluruh keluarga.

cara menyusun menu makanan sehat

Cara Sehat dengan Menu Sajian yang Lengkap

Maka dari itulah seorang ibu harus bisa mencari cara bagaimana untuk menyiapkan sebuah menu sajian yang lengkap tapi tidak membosankan. Bagaiamana menurut anda? Apakah anda sependapat dengan saya juga?

Ya untuk anda sebagai ibu rumah tangga, kini kami berikan sedikit trik untuk membuat menu sajian yang lengkap yang juga menyehatkan namun tidak membosankan untuk semua anggota keluarga supaya mereka semua bisa betah di rumah, antara lain:

Pertama, cara termudah untuk membuat sebuah menu sajian yang oke itu cukup dengan memasak menu di pagi hari. Karena bila mungkin anda tidak punya cukup waktu untuk menyajikan menu sehat di malam hari, maka cara termudah untuk mensiasati hal tersebut adalah cukup dengan menyisihkan waktu anda untuk menyajikan menu makanan sehat untuk pagi harinya saja.

Meskipun di pagi hari biasanya sudah ada nasi yang sudah disajikan, akan tetapi tidak ada salahnya bila anda membuat menu tambahan yang sehat untuk melengkapi menu makanan anda dengan cara menambahkan makanan berbagan dasar gandum. Makanan berbahan dasar gandum ini bisa meliputi nasi merah, pasta, dan juga roti gandum. Maka dari itulah untuk membuat menu makanan anda semakin lengkap saja, sudahlah saatnya anda menambahkan gandum ke dalam menu anda karena gandum ini lengkap dengan serat yang tinggi yang bagus untuk pencernaan keluarga anda.

Kedua, untuk menyajikan menu sajian yang lengkap, maka anda bisa mengatasinya dengan cara menambahkan buah – buahan dan juga sayur – sayuran sebagai menu wajib dalam keluarga anda. Meskipun kadang ada banyak keluarga yang tidak suka dengan sayur – sayuran, namun anda bisa mensiasatinya dengan cara membuat resep kreatif makanan yang mengandung sayur dan buah sebagai sajian makanan setiap hari supaya keluarga anda tidak merasa bosan dengan menu harian di rumah.

Ingat! Sayur dan buah – buahan itu kaya akan vitamin dan juga nutrisi penting bagi tubuh. Sehingga menu ini akan menyehatkan sekali bila dikonsumsi sehari – hari.

Ketiga, tambahkan susu sebagai menu terbaik anda. Tapi pilihlah menu susu dengan rendah lemak sehingga anda akan mendapatkan nutrisi berupa protein dan kalsium yang tinggi. Jadi siap untuk menyajikan menu sajian yang lengkap dengan nutrisi yang lengkap untuk keluarga anda?

Mau makan apa hari ini? Ini 5 Bahan Makanan Sehat untuk Tubuh Anda

Makan di malam hari adalah adalah masa – masa dimana banyak orang menantikannya. Karena di malam hari inilah banyak orang bisa lebih menikmati hari dengan bersantai bersama keluarga dan juga orang tersayang. Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara menikmati sajian makanan yang sehat dari bahan makanan sehat yang tepat. Sehingga justru ada banyak orang yang sakit karena pemilihan menu makan malam yang tidak sehat dimana hal tersebut justru membuat kolesterol semakin menumpuk.

Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasinya?

Sebenarnya mudah sekali untuk mengatasinya, yaitu anda harus bisa memilih bahan makanan sehat yang bisa membuat perut anda menjadi kenyang sehingga membuat tidur anda menjadi semakin lebih nyenyak. Mau tahu seperti apakah contohnya? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi untuk anda sekalian yang masih bingung mencari bahan makanan sehat untuk menu makan malam anda, antara lain:

Pertama, anda bisa mencoba untuk menyiapkan lettuce sebagai makanan anda. Karena sayuran ini selain menyegarkan juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa membuat perut anda menjadi lebih kenyang dengan cepat. Dimana cara termudah untuk menyajikannya supaya bisa membuat badan anda menjadi sehat adalah dengan membuatnya sebagai salad sehingga anda tidak akan gemuk, karena lettuce adalah zero kalori.

Kedua, anda bisa menyiapkan sup bening untuk menu sehat anda. Bila perlu tambahkan pula rebusan tulang sehingga membuat rasanya menjadi lebih nikmat. Dan bisa juga tambahkan banyak sayuran sehingga membuat sistem pencernaan anda bisa menjadi semakin lancar dan menyehatkan.

Ketiga, pilih daging yang tidak ada lemaknya untuk menjadi menu sehat anda. Karena ini justru berpotensi bisa menurunkan berat badan anda menjadi lebih stabil dan terkontrol. Selain itu, dengan mengkonsumsi daging tanpa lemak inilah anda akan mendapatkan protein yang tinggi dari kandungan daging tersebut.

Keempat, cobalah untuk mengkonsumsi paprika. Meskipun ada banyak yang tidak menyukainya, namun cobalah untuk membuat sajian yang bisa membuat semua anggota keluarga menyukai paprika. Karena selain rendah akan kalori, paprika itu juga merupakan salah satu menu makanan yang paling menyehatkan bila dibandingkan dengan merica dan juga cabai.

Kelima, untuk membuat sebuah sajian menu yang sehat maka anda bisa menyajikan buncis sebagai bahan makanan sehat untuk anda sekalian. Bila anda tidak begitu menyukai buncis, maka anda bisa membuat sajian salad atau bisa juga kare yang berasal dari buncis. Karena buncis ini sangat ampuh sekali membuat perut anda menjadi lebih kenyang bila dibandingkan anda makan menu lainnya.

Nah, itu tadi adalah beberapa menu makanan yang sehat yang berasal dari bahan – bahan makanan yang sehat yang bagus untuk kesehatan keluarga anda.

5 Makanan Sehat untuk Menu Malam Anda!

Banyak orang kadang bingung untuk memilih makanan apa yang paling sehat untuk dikonsumsi karena ada banyaknya menu sajian yang bisa disantap setiap harinya. Maka dari itulah kini kami sajikan beberapa makanan sehat yang bisa anda konsumsi setiap harinya karena makanan ini lengkap akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Mau tahu seperti apakah makanan tersebut? Berikut adalah makanan sehat untuk tubuh anda, antara lain:

Pertama, tofu. Mungkin ada beberapa orang yang tidak suka tofu atau sebuah tahu biasa. Karena rasanya yang begitu – begitu saja sehingga membuat banyak orang lebih suka menu lainnya dibandingkan tofu. Padahal baik tofu atau tahu biasa itu adalah makanan yang kaya akan protein yang baik untuk kesehatan tubuh anda dan membuat tubuh anda tidak menjadi gemuk. Tidak hanya itu saja, tofu itu baik sekali untuk pembentukan energi yang dihasilkan oleh protein dari kedelai tofu tersebut. 

Kedua, di antara beberapa sayuran hijau yang ada dan bisa disantap setiap harinya, sayur brokoli adalah salah satu menu sayuran yang paling banyak diminati banyak orang. Karena banyak orang menganggap bahwa brokoli adalah makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi. Selain kalorinya yang rendah, brokoli juga kaya akan anti oksidan yang bagus untuk tubuh dan jantung anda. 

Ketiga, selain brokoli, banyak orang suka dengan keju yang rendah lemak untuk dijadikan sebagai menu makanan sehat untuk mereka. karena selain rasanya yang nikmat, keju juga kaya akan kalsium yang bisa membuat tulang anda menjadi sehat dan lebih kuat. Paling menariknya lagi adalah, keju rendah lemak ini tidak akan membuat anda menjadi lebih gemuk. Selama anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Keempat, bila anda ingin sehat, gunakan bawang merah untuk menu sajian di rumah anda. Selain kaya akan selenium yang mampu membuat tidur anda menjadi jauh lebih nyenyak, bawang merah juga bisa membuat badan semakin lebih segar.

Kelima, cobalah untuk membuat makanan sehat dari ikan atau bisa juga dari ayam. Karena keduanya kaya akan protein yang tinggi yang sangat enak juga untuk disantap. Namun bila anda ingin lebih sehat lagi, sebaiknya hindari untuk penambahan saus. Karena hal tersebut justru akan menambah lemak yang tinggi yang akan membuat tubuh anda menjadi tidak sehat.

Nah, itu tadi adalah 5 makanan sehat yang wajib anda konsumsi untuk membuat tubuh anda menjadi semakin lebih sehat lagi. Jadi, siapkah untuk menjadi sehat? Yuk’coba menu makanan sehat dari 5 menu sajian yang telah kita bahas di atas! Kami jamin kini tubuh anda akan menjadi semakin lebih sehat lagi.

Cara Menyusun Menu Makanan Sehat untuk Keluarga Kita

Saat berkumpul bersama dengan keluarga, maka inilah saatnya untuk para ibu – ibu rumah tangga menyusun menu makanan sehat untuk keluarga harian setiap seminggu sekali untuk membuat semua keluarga tidak bosan dengan menu yang disajikan di rumah. Dan salah satu cara terbaik untuk membuat perencanaan seputar menu makanan ini sebaiknya ibu lakukan di awal minggu. 

Dengan cara inilah para ibu – ibu rumah tangga tidak harus berpikir keras untuk membuat masakan saat mereka memulai aktifitasnya di dapaut. Dan maka dari itulah di saat weekend, ada baiknya bila anda memanfaatkan hal ini untuk menuliskan menu makanan untuk keluarga saat berkumpul bersama keluarga. Karena di saat itulah anda bisa meminta bahan pertimbangan anggota keluarga tentang apa yang sedang mereka inginkan.

Misalnya saja, hari senin anda ingin membuat menu makanan sehat seperti soto daging, selanjutnya hari selasa suami ingin daging rendang, kemudian hari rabu anak anda ingin steam ikan, dan seterusnya.

Dengan sebuah penyusunan menu makanan sehat yang telah dibuat dengan matang bersama keluarga inilah yang akan membuat keluarga anda menjadi semakin harmonis. Karena kini anda sebagai ibu tahu apa yang sedang keluarga inginkan. Tapi, bagaimanakah cara untuk menyusun menu yang sehat untuk keluarga yang baik itu?

Untuk menyusun menu makanan, ada baiknya bila para ibu membiasakan diri untuk menyiapkan menu makanan yang kaya akan protein yang tinggi.  Beberapa makanan yang kaya akan protein tinggi itu bisa saja meliputi daging, ikan, tempe, dan lain – lain. Namun untuk pengolahannya itu memerlukan sebuah perhatian khusus untuk bisa benar – benar membuat menu yang benar – benar sehat.

Misalnya saja di saat anda ingin mengolah daging, maka ada baiknya bila anda mengolah daging tersebut dengn cara dipanggang atau dibakar. Ini jauh lebih nikmat bila dibandingkan anda menggorengnya dengan minyak. Karena bila anda menggoreng dengan minyak, ini justru akan memicu kolesterol yang semakin tinggi dan akhirnya membuat tubuh anda menjadi semakin tidak sehat. Atau bila perlu, anda bisa mengolahnya dengan cara men- stem karena itu jauh lebih sehat meskipun itu mungkin cukup membosankan.

Sedangkan bila anda ingin menciptakan sebuah variasi makanan yang akan menambah cita rasa saat menyantapnya, anda bisa menambahkannya dengan cara digoreng dengan menggunakan deep fry namun dengan sedikit minyak saja. Atau bila keluarga anda tidak terlalu suka dengan daging, maka anda bisa mengganti menu makanan berprotein lainnya misalnya seperti telur, susu, tahu dan tempe, kemudian buncis, atau bisa juga dengan kacang – kacangan. Simple sekali untuk menjadi sehat dengan menu makanan sehat kan?

Daftar Menu Makan Malam yang Baik untuk Kesehatan Anak

Cara ini memang cenderung sulit untuk dilakukan karena mengingat bahwa anak mudah merasa bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Selain itu, sebagian besar anak-anak lebih menyukai bermain sehingga susah jika diajak untuk makan, hal tersebut bisa diatasi dengan menemukan ide-ide keratif untuk mengolah makanan sehat bagi anak agar mereka tertarik untuk mengkonsumsinya. 

Namun, terkadang para ibu merasa kesulitan ketika kehabisan ide untuk menyajikan menu makanan sehat bagi buah hatinya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai daftar menu makan malam sehat untuk buah hati.

1. Sup Ayam

Sup ayam merupakan salah satu menu makanan sehat yang cocok untuk diberikan pada si kecil, perpaduan kaldu yang menyatu dengan nikmatnya potongan daging ayam akan membuat hidangan ini terasa nikmat dan gurih. Kandungan protein pada daging ayam yang dipadukan dengan kandungan vitamin dan manfaat sayuran dapat mencukupi kebutuhan gizi si kecil.

2. Nugget Ayam

Nugget ayam merupakan salah satu menu makanan yang banyak digemari oleh anak-anak. Nugget ayam juga dapat diolah dengan praktis dan dapat dibentuk menggunakan cetakan makanan yang lucu karena lebih baik membuat nugget ayam sendiri daripada membelinya, hal tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi kebersihan dan gizi makanan yang akan diberikan pada buah hati, caranya cukup potonglah daging ayam menjadi beberapa bagian, kemudian lapisi dengan tepung roti untuk digoreng. 


Tips Lengkap Menyusun Menu Makanan Sehat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin XZ

0 komentar:

Posting Komentar